Tuesday 11 January 2011

PEMUJAAN


PEMUJAAN
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikas ritual.kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti nilai, dan makna kehidupan yang sebenarnya.  Seperti dalam surat Al-furqon ayat 59-60 yang menyatakan,” Dia yang menciptakan langit dan bumi beserta apa-apa diantara keduanya dalam enam rangkaian masa, kemudian dia bertahta diatas singgasana-Nya. Ia maha pengasih, maka tanyakanlah kepada-Nya tentang soal-soal apa yang perlu diketahui”. Selanjutnya ayat 60,”Bila dikatakan kepada mereka, sujudlah kepada Tuhan yang maha pengasih”.  Tuhan adalah pencipta, tetapi Tuhan juga penghancur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahnya. Karena itu ketakutan manusia selalu mendamping hidupnya dan untuk menghilangkan ketakutan itu  manusia memuja-Nya. Dalam surah Al-Mu’minin ayat 98 dinyatakan,” Dan aku berlindung kepada-Mu. Ya Tuhanku, dari kehadiran-Nya di dekatku.
Kalau manusia cinta kepada Tuhan, karena Tuhan sungguh maha pengasih lagi maha penyayang. Kecintaan manusia itu dimanefestasikan dalam bentuk pemujaan atau sholat.dalam surat Al-Nur ayat 41 antar lain menyatakan ,”apakah engkau tidak tahu bahwasanya Allah itu dipuja oleh segala yang ada dibumi dan langit...”.
 Dengan demikian, Pemuja-pemuja itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya. Hal ini berarti manusia mohon ampun atas segala dosanya. Mohon perlindungan, mohon dilimpahkan kebijaksanaan, agar ditunjukan jalan yang benar, mohon di tambahan segala kekurangan yang ada padanya, dan lain-lain. Bila setiap hari sekian kali manusia memuja kebesarannya dan selalu memohon apa yang kita inginkan, dan Tuhan selalu mengabulkan permintan umatNya,maka wajarlah cnta manusia kepada Tuhan adalah cinta mutlak.cinta yang tidak dapat ditawar-tawar lagi.
 

No comments:

Post a Comment