Thursday 13 October 2011

Pengalaman Terjun dalam dunia pekerjaan....


Saya ingn menceritakan sebuah pengalaman kerja sebelum saya masuk kuliah.. tahun 2009 setelah lulus SMA saya mencoba melamar disebuah pabrik., pabrik tsb memproduksi boneka..hari itu melamar kerja hari itu pula saya langsung diterima karna proses penerimaan karyawan hanya melewati interview saja tanpa menggunakan ijazah,SKCK,surat kesehatan dari dokter,dan  persyaratan lainnya layaknya melamar kerja. Pihak HRD hanya menanyakan lulusan apa? Dan umur berapa? Wow.. mudah sekali kan.Setelah saya tahu ternyata pabrik tsb menerima karyawan tidak memandang latar belakang pendidikan , ia hanya menetapkan pelaturan bahwa yang akan diterima paling tinggi yaitu lulusan SMA dan umur maksimal 20 tahun(kecuali yang sudah lama kerja pabrik ada yang  ibu-ibu )itu berati lulusan SD atau yang tidak sekolah pun bisa masuk kerja di pabrik tsb, memang benar selama saya kerja kebanyakan karyawan masih berumur dibawah  saya maksudnya  sekitar umur 13 tahun sampai 16 tahun. Saya merasa binggung kenapa yang kerja kebanyakan umur muda harus nya mereka sekolah, ternyata mereka orang-orang yang putus sekolah kebanyakan perempuan.tapi kenapa pabrik menerima karyawan dibawah umur muda? Kebetulan saya dekat dengan HRD di pabrik itu menurutnya kenapa perusahaannya menerima karyawaan diusia itu karena semangat kerjanya yang  bagus kalo diperintah-perintah mereka tidak mendumel maksudnya nurut dan perusahaan juga bisa menggajinya dilihat dari kerjanya biasanya anak seusia itu rajin-rajin kerjanya dari pada menganggur. Dan lagi gaji setiap karyawan berbeda-beda dari bagian gudang bahan, pembuatan sample,cutting,sewing,stafing,finising,dan packing.biasanya yang baru melamar kerja masuk ke bagian stafing dengan gaji paling rendah, Gaji paling rendah dibawah 20rb per hari itu tergantung bagian kerjanya apa dan berapa lama kerja.misalnya baru 10hr kerja dia masuk dibagian stafing yaitu buang benang  dia hanya mendapatkan gaji 15rb perhari sedangkan yang sudah berkerja lama maksimal gaji 23rb perhari dibagian sewing yaitu menjahit. Selain itu kinerja kerjanya juga dilihat kalo dia kerjanya cepet dan hasilnya bagus dia bisa naik tingkatan dan bisa dipindah-pindahkan ke kerja yang lebih rumit dengan gakji yag lebih besar. belum lagi gaji lembur nya,biasanya ada lembur kalo permintaan boneka banyak mencapai 10.000 boneka pesanan,waktu itu sih saya dapet lembur waktu mengerjakan boneka polar bear jam kerja dimulai dari jam 07.30-17.00 kalo lembur sampai 21.00 14 jam dipotong istirahat 2x tambahan uang lembur tergantung banyaknya jam kalo ga salah Rp.1500 perjam  dan uang makan Rp 3000.Dan  selama kerja disana sekitar 2 bulan lebih seminggu saya  banyak tahu tentang proses produksi di pabrik tersebut dari belum jadi yaitu dari gulungan-gulungan bahan sampai menjadi berbagai macam boneka.pengalaman yang mengesankan.

No comments:

Post a Comment